RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 2 Sukamaju
Kelas
/ Semester : IV/1
Tema : 5. Pahlawanku
Subtema : 1. Perjuangan para
pahlawan
Pembelajaran
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 6 x 35 Menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca)
dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah,
dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang
nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang
nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
IPS
3.2 Memahami manusia, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu pada masapraaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek
pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan
menceritakan manusia, perubahan dankeberlanjutan dalam waktu pada masa
praaksara, Hindu Budha, Islam dalamaspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan
pendidikan.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah,
sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di
lingkungan rumah,sekolah, dan masyarakat.
C.
Indikator
Bahasa Indoesia
1. Menemukan informasi yang terkait
dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu.
2. Membuat ulasan sederhana terkait
dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu dengan menggunakan
kosakata baku.
IPS
1. Menjelaskan sikap kepahlawanan
Raja-Raja dari masa Hindu, Budha dan Islam melalui lini masa.
2. Menjelaskan sikap kepahlawanan
berdasarkan pertanyaan.
PPKn
1.
Menjelaskan pentingnya kegiatan bergotong royong sebagai wujud dari rasa
persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat.
2.
Memberikan contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan.
3.
Gotong royong membersihkan ruang
kelas.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah membaca teks, siswa mampu
menemukan paling sedikit 3 informasi tentang perjuangan Raja Purnawarman dengan
benar.
2. Setelah mencari informasi, siswa
mampu membuat rangkuman tentang perjuangan beberapa tokoh berdasarkan sejarah
dari masa kerajaan Hindu, Buddha dan Islam.
3. Setelah menganalisa bacaan dan
melakukan diskusi tentang Raja Purnawarman, siswa mampu memberikan pendapatnya
tentang sikap Raja tersebut dengan rinci.
4. Setelah mengelompokkan gambar tentang
sikap persatuan dan mendiskusikannya, siswa mampu menjelaskan pentingnya rasa
persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat.
5. Setelah menganalisis contoh tentang
sikap persatuan dan mendiskusikannya, siswa mampu memberikan 3 contoh sikap
yang menunjukkan rasa persatuan dengan benar.
6. Setelah membaca dan mendiskusikan
bacaan, siswa mampu menceritakan dalam bentuk tulisan tentang pelaksanaan
kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan tepat.
7. Setelah kegiatan mengamati gambar dan
diskusi, siswa mampu menceritakan dalam bentuk tulisan pengalaman pribadi
tentang kegiatan gotong royong di lingkungan sekitarnya dengan tepat.
8. Setelah menceritakan pengalaman
pribadi tentang kegiatan gotong royong, siswa mampu gotong royong membersihkan ruangan kelas.
E.
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman bergotong royong.
IPS
Mengulas bacaan tentang Raja Punawarman.
PPKn
Membedakan contoh dan bukan contoh persatuan
dalam kehidupan sehari-hari.
F.
Metode
dan Pendekatan Pelajaran
Pendekatan : Saintifik (Scientific)
Strategi : Pembelajaran Kooperatif
Metode : Pengamatan, Tanya Jawab,
Diskusi, Penugasan, Ceramah
G.
Media/Alat
dan Sumber Belajar
Alat
·
Gambar beberapa
orang sedang bekerjasama melakukan beragam kegiatan.
·
Teks tentang
kepahlawanan .
Sumber Belajar
·
Buku Guru kelas IV Tema 5Pahlawanku, Subtema 1, Pembelajaran 1, hal 4-11.
·
Buku Siswa kelas IV Tema
5Pahlawanku, Subtema 1, Pembelajaran 1, hal 1-8.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan
mengajak siswa berdoa.
2.
Mengecek kehadiran siswa.
3.
Mengajak tepuk kompak.
4.
Guru bertanya jawab dengan
siswa tentang manusia praaksara (purba) yang hidup sebelum manusia modern
sekarang.
5.
Guru menyampaikan tema yang
akan dibelajarkan pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan
dipelajari.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa membaca teks di buku
siswa tentang pahlawan dan raja di
indonesia di buku tematik masing-masing.
2.
Diberikan LKS, siswa membuat menyebutkan nama pahlawan dengan menggunakan
kata-katanya sendiri sesuai tertera pada buku siswa.
3.
Guru memberikan arahan jika
siswa mengalami kesulitan.
4.
Hasil ringkasan diperlihatkan
kepada teman sebelah untuk saling dikomentari (apa yang kurang sesuai).
5.
Guru memajang gambar tempel
tentang beberapa pahlawan yang ada di Indonesia dan informasi tentang pahlawan tersebut.
6.
Siswa mencermati gambar
kemudian diminta menyampaikan pendapat tentang gambar tersebut.
7.
Siswa menulis informasi
tentang pahlawan yang ada di papan tulis.
8.
Siswa berkelompok sebanyak
tiga orang, dan mengisi kolom di lembar latihan di buku siswa.
9.
Tiap kelompok diminta untuk
menuliskan kembali dalam bahasa indonesia
dengan baik dan benar.
10.
Tiap kelompok menyampaikan
hasil pengamatan di depan kelas, kelompok lainnya memberikan komentarnya.
11.
Selama siswa bereksplor, guru
berkeliling sambil mencatat kegiatan siswa dan dimotivasi untuk selalu
mencoba untuk mencari di buku lain sehingga data yang didapat lebih lengkap.
12.
Guru memanggil salah satu
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan
konfirmasi).
13.
Memberi kesempatan kelompok
lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya.
14.
Guru memberikan reward kepada
siswa dengan kinerja yang baik.
15.
Mengajak semua siswa berdiri
dan melakukan “Ice breaking” untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah
belajar.
|
155 menit
|
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
2.
Melakukan refleksi terhadap kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan.
3.
Memberikan pesan moral yang
berkaitan dengan tema yang dipelajari.
4.
Guru melakukan tindak lanjut
(evaluasi) tentang apa yang sudah dipelajari.
5.
Salam dan doa penutup.
|
15 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Tes Tulis Uraian Non-Objektif
b.
Observasi
2.
Bentuk Penilaian
a.
Penilain Proses
Kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan
lisan.
3. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Rubrik Bahasa Indonesia dan IPS : menuliskan kembali cerita perjuangan
Raja Purnawarman.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Penilaian : 4 + 3 + 3 x 10 = 10 x 10
= 8,3
12
12
b. Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus
sekali
|
Cukup
Bagus
|
Perlu
Berlatih lagi
|
||||||||
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
Penilaian : 1,5
+ 2 + 3 x 10 = 6,5 x 10 = 8,1
8 8
c. Daftar Periksa PPKn
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Mengelompokkan gambar yang
mencerminkan sikap persatuan dengan paling sedikit 2 benar, disertai alasan
yang tepat.
|
|
|
Menuliskan paling sedikit 3 manfaat
pentingnya rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat.
|
|
|
Memberikan 3 contoh sikap yang
menunjukkan rasa persatuan dengan benar.
|
|
|
Menceritakan pengalaman bergotong
rotong dengan percaya diri.
|
|
|
d. Daftar Periksa IPS
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Menuliskan perjuangan yang telah dilakukan
oleh Raja Purnawarman dengan tepat.
|
|
|
Membuar rangkuman tentang perjuangan
beberapa tokoh berdasarkan sejarah dari masa kerajaan Hindu, Buddha dan Islam
dengan tepat.
|
|
|
Mengetahui Sukamaju,
...... Juli 2015
Kepala Sekolah Guru Kelas V
.............................. Faizatur Rokhmah
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar