Jumat, 01 Januari 2016

contoh RPP tematik kelas 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SD Negeri 2 Sukamaju
Kelas / Semester        : IV/1
Tema                          : 5. Pahlawanku
Subtema                     : 1. Perjuangan para pahlawan
Pembelajaran Ke      : 1
Alokasi Waktu           : 6 x 35 Menit

A.      Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5     Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5     Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPS
3.2     Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masapraaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
4.2     Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dankeberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalamaspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
PPKn
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3     Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah,sekolah, dan masyarakat.

C.      Indikator
Bahasa Indoesia
1.      Menemukan informasi yang terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu.
2.      Membuat ulasan sederhana terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu dengan menggunakan kosakata baku.
IPS
1.      Menjelaskan sikap kepahlawanan Raja-Raja dari masa Hindu, Budha dan Islam melalui lini masa.
2.      Menjelaskan sikap kepahlawanan berdasarkan pertanyaan.
PPKn
1.         Menjelaskan pentingnya kegiatan bergotong royong sebagai wujud dari rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat.
2.         Memberikan contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan.
3.         Gotong royong membersihkan  ruang kelas.



D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu menemukan paling sedikit 3 informasi tentang perjuangan Raja Purnawarman dengan benar.
2.      Setelah mencari informasi, siswa mampu membuat rangkuman tentang perjuangan beberapa tokoh berdasarkan sejarah dari masa kerajaan Hindu, Buddha dan Islam.
3.      Setelah menganalisa bacaan dan melakukan diskusi tentang Raja Purnawarman, siswa mampu memberikan pendapatnya tentang sikap Raja tersebut dengan rinci.
4.      Setelah mengelompokkan gambar tentang sikap persatuan dan mendiskusikannya, siswa mampu menjelaskan pentingnya rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat.
5.      Setelah menganalisis contoh tentang sikap persatuan dan mendiskusikannya, siswa mampu memberikan 3 contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan dengan benar.
6.      Setelah membaca dan mendiskusikan bacaan, siswa mampu menceritakan dalam bentuk tulisan tentang pelaksanaan kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan tepat.
7.      Setelah kegiatan mengamati gambar dan diskusi, siswa mampu menceritakan dalam bentuk tulisan pengalaman pribadi tentang kegiatan gotong royong di lingkungan sekitarnya dengan tepat.
8.      Setelah menceritakan pengalaman pribadi tentang kegiatan gotong royong, siswa mampu  gotong royong membersihkan ruangan kelas.

E.       Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman bergotong royong.
IPS
Mengulas bacaan tentang Raja Punawarman.
PPKn
Membedakan contoh dan bukan contoh persatuan dalam kehidupan sehari-hari.

F.       Metode dan Pendekatan Pelajaran
Pendekatan          : Saintifik (Scientific)
Strategi                 : Pembelajaran Kooperatif
Metode                 : Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan, Ceramah

G.      Media/Alat dan Sumber Belajar
Alat
·      Gambar beberapa orang sedang bekerjasama melakukan beragam kegiatan.
·      Teks tentang kepahlawanan .
Sumber Belajar
·      Buku Guru kelas IV Tema 5Pahlawanku, Subtema 1, Pembelajaran 1, hal 4-11.
·      Buku Siswa kelas IV Tema 5Pahlawanku, Subtema 1, Pembelajaran 1, hal 1-8.

H.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.         Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa.
2.         Mengecek kehadiran siswa.
3.         Mengajak tepuk kompak.
4.         Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manusia praaksara (purba) yang hidup sebelum manusia modern sekarang.
5.         Guru menyampaikan tema yang akan dibelajarkan pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
10 menit
Inti
1.         Siswa membaca teks di buku siswa tentang pahlawan dan raja di indonesia di buku tematik masing-masing.
2.         Diberikan LKS, siswa membuat menyebutkan nama pahlawan dengan menggunakan kata-katanya sendiri sesuai tertera pada buku siswa.
3.         Guru memberikan arahan jika siswa mengalami kesulitan.
4.         Hasil ringkasan diperlihatkan kepada teman sebelah untuk saling dikomentari (apa yang kurang sesuai).
5.         Guru memajang gambar tempel tentang beberapa pahlawan yang ada di Indonesia dan informasi tentang pahlawan  tersebut.
6.         Siswa mencermati gambar kemudian diminta menyampaikan pendapat tentang gambar tersebut.
7.         Siswa menulis informasi tentang pahlawan  yang ada di papan tulis.
8.         Siswa berkelompok sebanyak tiga orang, dan mengisi kolom di lembar latihan di buku siswa.
9.         Tiap kelompok diminta untuk menuliskan kembali dalam bahasa indonesia dengan baik dan benar.
10.     Tiap kelompok menyampaikan hasil pengamatan di depan kelas, kelompok lainnya memberikan komentarnya.
11.     Selama siswa bereksplor, guru berkeliling sambil mencatat kegiatan siswa dan dimotivasi untuk selalu mencoba untuk mencari di buku lain sehingga data yang didapat lebih lengkap.
12.     Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi).
13.     Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya.
14.     Guru memberikan reward kepada siswa dengan kinerja yang baik.
15.     Mengajak semua siswa berdiri dan melakukan “Ice breaking” untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar.
155 menit

1.         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
2.         Melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
3.         Memberikan pesan moral yang berkaitan dengan tema yang dipelajari.
4.         Guru melakukan tindak lanjut (evaluasi) tentang apa yang sudah dipelajari.
5.         Salam dan doa penutup.
15 menit

I.         Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Tes Tulis Uraian Non-Objektif
b.    Observasi
2.    Bentuk Penilaian
a.    Penilain Proses
Kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
3.    Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Rubrik Bahasa Indonesia dan IPS : menuliskan kembali cerita perjuangan Raja Purnawarman.

Kriteria
4
3
2
1

Ide Utama dan hal yang dapat dipelajari

Siswa menyebutkan ide utama dengan jelas dan menyampaikan hal yang bisa dipelajari dari bacaan atau sebaliknya.

Siswa menyebutkan ide utama dengan jelas namun tidak menyampaikan hal yang bisa dipelajari dari bacaan atau sebaliknya.

Ide utama atau hal yang dapat dipelajari dari bacaan disampaikan tidak lengkap.

Ide utama atau hal yang bisa dipelajari dari bacaan tidak disampaikan siswa sama sekali.

Data

Siswa menye­butkan data dengan leng­kap (tokoh, tahun, tem­pat) dan dapat menghubung­kannya satu sama lain.

Siswa menyebutkan data dengan lengkap (tokoh, tahun, tempat) namun tidak menyampaikan hubunganny .

Siswa menye­butkan se­bagian data (tokoh, tahun, tempat) dan dapat meng­hubungkan­nya satu sama lain.

Siswa menye­butkan se­bagian data (tokoh, ta­hun, tempat) namun tidak dapat men­ghubung­kannya satu sama lain.

Pengorganisasian

Siswa menyampaikan isi bacaan secara runtut (awal, tengah dan akhir)

Sebagian besar urutan bacaan disampaikan siswa secara runtut.

Isi bacaan disampaikan siswa tanpa melihat hubungan urutan.

Siswa me­nyampaikan isi cerita den­gan meng­hilangkan salah satu unsur (awal, tengah, akhir)
Penilaian : 4 + 3 + 3 x 10 = 10 x 10 = 8,3
                        12                 12




b.    Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Cukup Bagus
Perlu Berlatih lagi


Mendengarkan


Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(2)


Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
(1.5)  √


Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(1)

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
(3)

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
(2) √


Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.
(1)

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)


Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
(3) √

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
(2)



Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
(1)
Penilaian : 1,5 + 2 + 3 x 10 = 6,5 x 10 = 8,1
                                    8                      8

c.    Daftar Periksa PPKn
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Mengelompokkan gambar yang mencerminkan sikap persatuan dengan paling sedikit 2 benar, disertai alasan yang tepat.


Menuliskan paling sedikit 3 manfaat pentingnya rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat.


Memberikan 3 contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan dengan benar.


Menceritakan pengalaman bergotong rotong dengan percaya diri.



d.   Daftar Periksa IPS
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menuliskan perjuangan yang telah dilakukan oleh Raja Purnawarman dengan tepat.


Membuar rangkuman tentang perjuangan beberapa tokoh berdasarkan sejarah dari masa kerajaan Hindu, Buddha dan Islam dengan tepat.




            Mengetahui                                                     Sukamaju, ...... Juli 2015
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas V



..............................                                                    Faizatur Rokhmah
NIP.                                                                          NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar